Financial Freedom - Truth Version [ I ]

Pentingnya Memahami Kemerdekaan Finansial - Truth Version

Kehidupan masyarakat  modern tidak dapat dipisahkan dari uang. Bagaimana sikap kita terhadap uang sangat penting karena hal ini bertalian langsung dengan nafkah di bumi dan keselamatan kekal.  


*Cinta uang adalah akar segala kejahatan* 

 
Cinta uang artinya keadaan hati yang merasa tidak bahagia jika tidak memiliki uang dalam jumlah tertentu yang diharapkan dapat membahagiakan dirinya. Berharap dan berusaha memiliki uang lebih banyak untuk memenuhi keinginannya membeli/ memperoleh sesuatu.

Pada dasarnya kemerdekaan finansial adalah sikap hati yang tidak terikat dengan uang, dimana kita sudah bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Mengenali Sumber Masalah Keuangan

1. Obsesi
Umumnya orang tidak pernah puas dengan jumlah uang yang dimilikinya sehingga selalu ingin menambah jumlahnya. Selama obsesi ini tidak diubah maka masalah finansial tidak pernah lepas dari hidup. Ini berarti tidak pernah mengalami kemerdekaan finansial.

2. Tidak mau atau tidak mampu berhemat dan mengelola keuangan secara bertanggung jawab.

3. Kesehatan
Hidup suka-suka, tidak menjaga kesehatan. Teratur berolahraga dengan menjaga pola makan serta menata pikiran yang baik adalah bagian dari kemerdekaan finansial.

4. Aktivitas
Masalah keuangan yang dialami seseorang bisa karena kemalasan yaitu kurangnya aktivitas yang produktif. Bisa juga karena banyak aktivitas namun konsumtif.

5. Doa

Doa yang kita panjatkan kepada Tuhan Sang Pencipta mengenai uang.... akan menentukan apakah kita terbebas dari masalah keuangan atau tidak. Kalau doa yang kita panjatkan semata-mata supaya Yang Maha Kuasa dan Maha Pemurah memberikan kita rejeki yang berlimpah dengan dana yang tertumpah serta duit yang tercurah, tanpa kerja keras dan cerdas, ya mana bisa. Ibarat mimpi atau khayalan semata. Doa tidak bisa menggantikan kerja keras dan cerdas. Bahkan walau kita bekerja keras dan cerdas, dengan doa yang hanya mohon rejeki... niscaya kita bisa mendapatkannya, tapi tetap tidak bisa mendapati kebebasan finansial sejati. Doa adalah dialog dengan Tuhan. Untuk mendapatkan kebebasan finansial sejati, selalu panjatkan ucapan syukur dan mencari kehendak-Nya, bukan kehendak kita. Kita masih hidup, bernafas, makan-minum cukup = masih diberi kesempatan terbebas bukan hanya dari kondisi finansial, lebih dari itu... terbebas dari pemikiran-pemikiran yang keliru (seperti konsumerisme dan tren gaya hidup modern, prinsip better is bigger, higher dll) (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar